Pengertian Internet dan Intranet Sebagai Media Informasi


Pengertian Internet - Tentunya banyak pertanyaan yang terlontar dibenak kita mengenai apa yang dimaksud dengan internet? Sebagian orang lebih mengenal internet adalah pencarian google, Nah untuk itulah blog HargaiKataKu ingin berbagi informasi tentang pengertian internet dan intranet.

Sebenarnya google hanyalah salah satu dari sekian banyak mesin pencari didunia, Di Indonesia sendiri google memang menjadi no.1 mesin pencari yang paling banyak digunakan untuk mencari informasi melalui jaringan internet. Jumlah pengguna Internet yang semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet, Internet saa ini telah berkembang pesat dan mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu serta pandangan dunia. Dibanding dengan buku yang berada di perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran ( decentralization ) atau pengetahuan ( knowledge ) informasi dan data secara ekstrem.

Kembali lagi ke topik pembahasan mengenai apakah Internet dan Intranet itu? Inilah pengertian internet & intranet menurut situs wikipedia.

Pengertian Internet dan Intranet

Pengertian Internet
Internet adalah kependekan dari interconnection-networking yang berarti seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite ( TCP/IP ) sebagai protokol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Intranet merupakan sebuah jaringan privat ( private network ) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Secara garis besar sebuah intranet dapat kita pahami sebagai sebuah jaringan internet pribadi yang dimiliki oleh sebuah kelompok atau organisasi.
Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa internet dan intranet adalah sebuah komputer yang saling berhubungan sehingga membentuk jaringan dan menciptakan sebuah media informasi yang sangat berpengaruh didunia melalui sebuah situs web yang disediakan oleh mesin pencarian.

Judul: Pengertian Internet dan Intranet Sebagai Media Informasi Rating: 4.5 Ditulis Oleh

Artikel Terkait Pengertian Internet dan Intranet Sebagai Media Informasi

Comments
2 Comments

2 komentar: