Tips Mengelola Keuangan Keluarga Dengan Baik


Tips Mengelola Keuangan Keluarga Dengan Baik - Tips berikut sebenarnya cocok untuk sobat muda yang sudah berkeluarga. Namun, tidak ada salahnya sobat muda tahu tips ini juga karena suatu saat sobat muda pasti berkeluarga dan perlu mengelola keuangan keluarga dengan baik.

Berikut tips Tips Mengelola Keuangan Keluarga Dengan Baik.
1. Hindari penggunaan credit card, kecuali sobat merasa mampu untuk membayar semua tagihannya waktu jatuh tempo. Lebih baik menggunakan kartu debet, sehingga sobat dapat berbelanja sebatas kemampuan sobat. Sobat harus konsekuen dengan budget yang dibuat sehingga kemungkinan besar Anda bisa menabung tiap bulannya. Mungkin awalnya sedikit sulit, namun pada akhirnya Anda sendiri dapat merasakan manfaatnya.


2. Buat list pengeluaran pokok tiap bulan.
Misalnya cicilan rumah, telepon, listrik, air, keperluan dapur, transportasi dan kebutuhan rekreasi. Tulislah jumlah total pengeluaran dan tulis juga pemasukan setiap bulan, kemudian kurangi dengan total pengeluaran.

3. Lakukan evaluasi pada list yang sobat buat dan cari jenis pengeluaran yang sekiranya dapat dipangkas. Contohnya bila sobat terbiasa dengan makan di restoran saat bekerja di kantor, sobat bisa membiasakan diri membawa bekal dari rumah.  Pada akhir bulan, sobat akan mengetahui jumlah penghematan yang bisa disimpan dengan melakukan kebiasaan ini.

4. Prioritaskan semua tagihan, misalnya listrik, telepon dan air. Setelah itu baru sobat berpikir menyisihkan uang untuk disimpan. Dengan menyisihkan sebagian uang lebih dulu, pengeluaran menjadi lebih terkontrol. Sobat juga tidak akan panik jika memungkinkan, selain menyimpan uang tunai, simpan uang Anda dalam bentuk asuransi atau deposito.

5. Jadikan pasangan layaknya mitra bisnis yang memiliki visi dan misi sama, sehingga sobat bisa mengawasi supaya pengelolaan uang berjalan stabil.

Demikian Tips Mengelola Keuangan Keluarga Dengan Baik, semoga tips tersebut bermanfaat untuk sobat muda jika sobat muda nantinya sudah berkeluarga. Tetap semangat dan jangan menyerah, karena apapun yang terjadi selalu ada jalan keluarnya. Ingat, kita tidak dilahirkan sebagai orang gagal tetapi sebagai pemenang.


Judul: Tips Mengelola Keuangan Keluarga Dengan Baik Rating: 4.5 Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips Mengelola Keuangan Keluarga Dengan Baik

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment